FITRA JAYA SALEH

Blogs, Ternyata menulis itu menyenangkan. Apalagi bisa menulis sesuatu yang bisa memberikan manfaat terhadap diri sendiri dan orang lain. Telah datang perintah membaca kepada umat Islam, perintah yang tidak diturunkan untuk umat-umat sebelumnya..sedangkan menulis adalah salah satu turunan dari kewajiban membaca... "Sampaikanlah walau hanya satu ayat.", begitulah perintah nabi, dan menulis bisa menjadi sebuah sarana yang baik untuk mengaplikasikan perintah untuk menyampaikan... ---Tulabi---

Friday, June 16, 2006

Cerpen : Melakukan yang dilarang....

Assalamualaikum.

Pernahkah anda mencoba melakukan sesuatu yang sebenarnya anda sendiri sudah mengetahui terdapat larangan untuk melakukan hal tersebut? Rasa keingintahuan seseorang terkadang membawa dirinya kedalam suatu kondisi ingin melakukan sesuatu yang belum pernah dirinya lakukan, untuk apa? Yah mungkin hanya agar bisa mengetahui, atau hanya untuk sekedar bisa merasakan, atau juga karena penasaran kenapa orang lain melakukannya..

Pengalaman menarik ketika usiaku masih sekitar 10 tahunan, aku merasa tertarik dan penasaran melihat teman-teman yang sering merokok... mereka melakukannya seperti suatu hal yang menyenangkan. Aku mati-matian tidak akan pernah mau mencoba melakukannya, yang pasti tidak ingin karena ayahku tidak akan pernah mengijinkan. Ayah sendiri tidak merokok, beliau juga tidak ingin anak-anaknya merokok.

Duduk dikelas 5 SD, rasa penasaranku semakin menjadi-jadi ketika aku mulai bergaul dengan teman-teman yang setiap harinya senang merokok. Yah lama-kelamaan luntur juga imanku..., suatu hari aku mencoba menghisap sebatang rokok yang aku temukan dijalan (wah miskin sekali..), seolah-olah memang sebuah ujian dari tuhan... Aku pasti tidak akan pernah mau membeli rokok untuk menghisapnya, tapi kali ini aku menemukannya... keinginanku selama itu menjauhi rokok, berubah status menjadi ”ditinjau ulang...” aku mulai berpikir-pikir, dan akhirnya aku mulai mencoba membakar...dan mulai menghisap.. pada hisapan pertama.... ”Pit...!!!” kagetku setengah mati, ”Mati aku” pikirku... kulihat kesamping, ternyata ayahku sedang melirik dengan sudah memasang kuda-kuda siap perang... ”Pulang...!!!” Perintahnya, dan akhirnya setelah tiba dirumah... ”Buk...Bukk...” dua jeep kiri dan kanan jatuh tepat mendarat di pipi dan mataku, sambil menangis aku mencoba bertahan melakukan blok dengan kedua tanganku... kemudian mulailah ceramah dari ayah.. ketika kubuka pertahanan blok ku, ternyata dari mataku bukan hanya keluar air mata, tapi juga berdarah..ternyata aku KO di ronde pertama..


Semenjak itu, aku tidak pernah lagi ingin mencoba untuk merokok, walaupun ayah saat ini sudah tidak ada lagi.. Saat itu diriku merasa sangat marah sekali pada ayah... saat ini aku menyadari betapa beruntungnya diriku mendapatkan dua jeep dari ayah kala itu, dua jeep itulah yang selalu mengingatkanku untuk tidak merokok...

Benar-benar pengalaman yang tidak menyenangkan.. cara belajar yang aneh, yah just like an english word say ”God works in the strange way...” we never know it.. Bagaimana dengan pengalamanmu…?

Thanks to My Father, May Allah give you His Jannah..

Pekanbaru,16 juni 2006

---Tulabi---

0 Comments:

Post a Comment

<< Home